Judul : Analisis Sektor Produksi Pendorong Terwujudnya Pertumbuhan Inklusif di Jawa Timur

Visi Saujaningati Kristyanto, Dwi Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kualitas pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang belum mengarah pada pertumbuhan inklusif dengan indikator berkurangnya tingkat pengangguran, berkurangnya ketimpangan pendapatan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sektor apa saja yang mampu mendorong pertumbuhan inklusif dan seberapa besar dampak sektor inklusif terhadap aktivitas ekonomi Jawa Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis input output yang mengkaji keterkaitan antar-sektor dalam perekonomian Jawa Timur.

Dalam memetakan sektor pertumbuhan inklusif ditentukan berdasarkan kriteria angka pengganda pendapatan dan angka pengganda tenaga kerja dengan koefisien di atas rata-rata. Ditemukan ada 16 sektor pertumbuhan inklusif dengan didominasi sektor industri berbasis pertanian atau agro-industri. Dampak pertumbuhan inklusif dianalisis melalui simulasi peningkatan permintaan akhir (F) yang dinaikkan sebesar 20% terhadap output dan serapan tenaga kerja. Dari hasil tersebut, ada tiga subsektor utama pendorong pertumbuhan inklusif, yaitu subsektor penyediaan makanan dan minuman, industri beras, dan konstruksi bangunan sipil. Sektor produksi yaitu penyediaan makanan dan minuman serta sektor beras merupakan sektor dengan keterkaitan ke depan dan ke belakang yang relatif kuat. Berarti, sektor ini berkemampuan untuk meningkatkan permintaan input sektor ke belakangnya dan meningkatkan distribusi output melalui penawaran input dari sektor ke depannya dan merangsang aktivitas ekonomi secara keseluruhan.

Permasalahan pengembangan sektor pertumbuhan inklusif di Jawa Timur adalah kebutuhan investasi yang cukup tinggi karena tingkat efisiensi investasi sektor inklusif tergolong rendah. oleh karena itu diperlukan peningkatan efisiensi modal (capital) yang ditempuh melalui: pengembangan Research and Development (RnD) untuk mendorong inovasi teknologi, meningkatkan sumber daya manusia khususnya pada sektor pertumbuhan inklusif serta peran pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mengembangkan sektor pertumbuhan inklusif.

 

Kata kunci: Sektor Produksi, Pertumbuhan Inklusif, Keterkaitan antar-sektor, Metode Input-Output, Investasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.