ANALISIS PENGARUH RETURN SAHAM DAN VARIABLE MAKRO EKONOMI TERHADAP RESIKO SAHAM SYARIAH

Hanif Kautsar Rahmanda Yuna, Asfi Manzilati

Abstract


Saham Syariah merupakan salah satu investasi penting dari Jakarta Islamic index, Terdapat adanya gejala yang sama mengenai kondisi dari pergerakan Jakarta Islamic Index dengan IHSG memungkinkan adanya kesamaan resiko yang sama yang terdapat di saham syariah. Perbandingan saham biasa yang terdapat dalam BEI dan Saham syariah yang masuk dalam JII yaitu 6% untuk saham JII dengan jumlah 30 sedangkan saham biasa 94% yaitu saham konvensional yang terdapat di dalam BII yang berjumlah 517. JII dapat disimpulkan merupakan salah satu sarana investasi yang memudahkan dan menarik investor muslim dalam pemilihan investasi pasar modal yang seringkali diragukan kehalalanya , walaupun tidak semuanya investor saham syari'ah beragama islam . pada dasarnya landasan pasar modal syariah adalah penggunan prinsip, akidah, prosedur, prinsip instrument dan aplikasi yang bersumber pada nilai islam itu sendiri yaitu Al-Quran dan As-sunah lalu di buatlah fatwa DSN-MUI terkait pasar modal syari'ah.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Return, Suku Bunga BI, KURS, dan Inflasi terhadap resiko saham syariah studi kasus terhadap lima return saham syariah tertinggi.

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Return, Suku Bunga BI, KURS dan Inflasi. Return (X1), Inflasi (X2), BI rate (X3), Kurs (X4) dan Resiko saham (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah model Panel dengan bantuan program Eviews 6.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang terdapat hubungan adalah variable return dan inflasi. Inflasi memiliki hubungan namun memiliki pengaruh negative terhadap resiko saham syariah.Dalam penelitian ini memili beberapa variable  yang  tidak  memiliki hubungan diantaranya yaitu BI  rate  dan  Kurs  namun  variable tersebut  mampu menjelaskan kenapa tidak terdapat hubungan dikarenakan adanya kebijakan dari pemerintah dan adanya fenomena.

 

Kata kunci: , Suku Bunga BI, KURS, Inflasi , Resiko Saham Syariah dan Resiko saham


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.