PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEBIJAKAN HUTANG, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar Di Berusa Efek Indonesia)

Lalu Aditya Putra, Nur Khusniyah Indrawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi, kebijakan hutang, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia

Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesa. Data dikumpulkan melalui analisis laporan keuangan tahunan perusahaan properti dan ral estate yang terdapat di Bursa Efek Indonesia perwakilan Universitas Brawijaya Malang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 11 perusahaan propeti dan real estate. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakan analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada diperoleh temuan bahwa variabel keputusan investasi (X1) berpengaruh secara signifikan kearah positif. Artinya perusahaan properti dan Real Estate yang memiliki dana investasi yang tinggi dan dengan studi kelayakan bisnis yang terencana dapat meningkatkan nilai perusahaannya dan memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham. Nilai perusahaan yang tinggi memiliki berpengaruh positif terhadap penilaian para investor. Sedangkan variabel kebijakan hutang (X2) berpengaruh signifikan dengan arah hubungan positif . Artinya dengan semakin tingginya tingkat hutang perusahaan maka semakin besar pula modal pendanaan perusahaan untuk investasi dimasa mendatang dan pendanaan melalui hutang dapat mengurangi biaya pajak perusahaan. Variabel terakhir yaitu kebijakan dividen (X3) berpengaruh signifikan dengan arah positif. Artinya jika suatu perusahaan itu memutuskan untuk menaikkan dividen per saham dapat diartikan oleh penanam modal sebagai sinyal positif, karena dividen per saham yang lebih tinggi menunjukkan bahwa perusahaan memiliki arus kas pada masa mendatangakan cukup besar untuk menanggung tingkat dividen yang tinggi.

 

Kata Kunci: Keputusan Investasi, Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.