Pengaruh Nasabah Retail, Corporate dan Priority terhadap Jumlah Dana Pihak Ketiga pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Studi pada Bank Syariah Mandiri)

Akhmad Hafidz Haekal, Mochammad Affandi

Abstract


Indonesia sebagai negara berkembang mengalami pertumbuhan ekonomi sangat cepat, pertumbuhan tersebut tidak lepas dari peran bank sebagai lembaga keuangan yang mengatur, menghimpun, dan menyalurkan dana yang telah dipercayakan oleh masyarakat dalam bentuk simpanan. Nasabah bagi dunia perbankan sangatlah penting karena dana yang dihimpun oleh bank sebagian besar berasal dari nasabah, kepercayaan nasabah pada perbankan sangat penting. Ada 3 jenis nasabah pada perbankan yakni nasabah Retail, Corporate dan Priority yang akan mempengaruhi jumlah dana yang dihimpun bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah nasabah Retail, jumlah nasabah Corporate dan jumlah nasabah Priority terhadap  jumlah  dana  pihak  ketiga  yang  dihimpun  bank  dalam  jangka  pendek  dan  jangka panjang.

Variabel yang  digunakan dalam penelitian ini  adalah  Jumlah Nasabah Retail (X1), Corporate (X2) dan Priority (X3) sebagai variabel independen dan Jumlah Dana Pihak Ketiga (Y) sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Error Correction Model (ECM). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder diambil dari Laporan Dana Kelolaan Nasabah pada Divisi Retail Customer Management Bank Syariah Mandiri. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik yaitu Metode Error Correction Model (ECM) dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka pendek nasabah retail tidak berpengaruh terhadap jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK), nasabah corporate tidak berpengaruh terhadap jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK),dan nasabah priority berpengaruh jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK). Sedangkan pada jangka panjang, nasabah retail tidak berpengaruh terhadap jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK), nasabah corporate tidak berpengaruh terhadap jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK),dan nasabah priority berpengaruh jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK).

 

Kata kunci : Nasabah Retail, Nasabah Corporate, Nasabah Priority, Dana Pihak Ketiga


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.