MOTIF BEKERJA CALON PEGAWAI PT. PLN (PERSERO) (STUDI PADA ANGKATAN 38 PT. PLN (PERSERO) KANTOR PUSAT)

Ferry Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui  motif  yang menjadi alasan  memilih  bekerja di PT. PLN (Persero), dan mengetahui harapan calon pegawai PT. PLN (Persero) angkatan 38 setelah diangkat menjadi pegawai PT. PLN (Persero)

Data pada penelitian ini adalah data primer dan menggunakan analisis menggunakan teknik triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan motif calon pegawai PT. PLN (Persero) adalah memenuhi kebutuhan primer, kebutuhan keamanan dan keselamatan, kebutuhan untuk merasa memiliki yaitu kebutuhan untuk diterima dalam kelompok dan berinteraksi, menjadi lebih dipertimbangkan dalam komunitasnya, aktualisasi dirinya adalah sebagai calon pegawai PT. PLN (Persero) sedangkan harapannya agar mendapatkan gaji yang besar dan dapat menambah aset diri.

Dengan melihat hasil dari penelitian, peneliti berkesimpulan motif calon pegawai PT. PLN (Persero) angkatan 38 bekerja di PT. PLN (Persero) adalah Hygiene factors, terdiri dari Physiological needs, Safety and security needs, Social needs dan Motivator factors, terdiri dari Esstem needs dan Self-actualisation needs.

Sedangkan harapan calon pegawai PT. PLN (Persero) jika diterima menjadi pegawai tetap PT. PLN (Persero).Hal ini berkenaan dengan temuan peneliti yang menyatakan bahwa calon pegawai PT.PLN (Persero) memiliki ekspektasi mendapatkan penghasilan cukup besar setelah bekerja dengan giat sehingga dapat memiliki dan menambah aset berharga utnuk memenuhi segala kebutuhannya.

 

Kata kunci: calon pegawai PT.PLN(Persero), harapan, motif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.