Analisis Hubungan Antara Pendapatan Dengan Perilaku Konsumsi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Denova ROBERTO LOMBAN Tobing

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan terhadap total konsumi mahasiswa. Variabel independen dalam penelitian ini  adalah Pendapatan (X1), sedangkan variabel dependennya adalah Total Konsumsi (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuota sampling karena mengambil seluruh jumlah samplenya sudah ditentukan sebagai responden yaitu 64   orang mahasasiswa fakultas ekonomi universitas brawijaya. Untuk analisis data yang digunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan komputer SPSS 20 for windows. Dari hasil yang telah dilakukan diperoleh persaman regresi sederhana : Y = X

Dari persamaan regresi tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari variabel pendapatan terhadap variabel dependen. Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan dijelaskan melalui R-square (R2) sebesar 0.571080 atau 57,10% Pada nilai Probabilitas F-statistik yaitu sebesar 82.54918 dengan nilai signifikan 0,000000 jauh lebih kecil dari pada 0,05. Hal tersebut menjelaskan bahwa variabel independen  dari variabel dependen pendapatan mahasiswa secara  bersama  –  sama  berpengaruh  secara  signifikan  terhadap  variabel  total  konsumsi,  t

digunakan untuk menjelaskan pengaruh secara individual atau parsial dari variabel pendapatan

dengan signifikan 0,05 (5%), variabel pendapatan sebesar 0.0000, maka variabel tersebut berpengaruh signifikan secara parsial terhadap total konsumsi Dilhat dari koefesien tiap variabel pendapatan mempunyai nilai positif terhadap total konsumsi, artinya semakin besar nilai pendapatan mahasiswa akan mampu meningkatkatkan total konsumsi.

Hasil estimasi dapat dijawab bahwa pendapatan mempunyai pengaruh yang positif terhadap total konsumi dengan nilai koefesien regresi dari variabel pendapatan sebesar 0.730284. Artinya setiap kenaikan pendapatan sebesar Rp 100.000 maka akan menyebabkan kenaikan pola konsumsi seluruh responden sebesar Rp 73,028, dengan asumsi cateris paribus atau paribus atau variabel yang lain dianggap konstan. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin besar pendapatan akan berdampak pada peningkatan terhadap total konsumsi mahasiswa keseluruhan. Berdasarkan nilai probabilitas  t-statistik  menunjukkan bahwa  pendapatan  berpengaruh signifikan  terhadap  total konsumsi mahasiswa laki-laki dan perempuan. Hal tersebut sejalan dengan teori Engel bahwa pendapatan meningkat presentasi untuk konsumsi juga meningkat.

 

Kata kunci : Pendapatan, Total konsumsi, Mahasiswa, Regresi sederhana

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.