PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS, DAN BRAND LIKING TERHADAP PENGABILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL SERTIFIKAT MUI DENGAN SIKAP TERHADAP MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Kebab Turki Baba Rafi Di Malang)

Muhammad Nailul Author

Abstract


Pencantuman label halal suatu produk perlu diperhatikan penting dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada konsumen dan untuk meningkatkan keputusan pembelian. Namun keputusan pembelian tidak hanya bisa ditingkatkan melalui label halal dalam suatu produk, namun bisa dipengaruhi dari  tingakat religiusitas, brand liking dan sikap seorang konsumen.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas dan brand liking terhadap keputusan pembelian dan apakah sikap terhadap merek sebagai variabel intervening mempengaruhi hubungan tingkat religiusitas dan brand liking terhadap keputusan pembelian makanan halal bersertifikat MUI. Populasidalam penelitian ini adalah konsumen Kebab Turki Baba Rafi yang beragama islam dengan jumlah sampel sebanyak 200 dengan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan pengujian variabel intervening menggunakan uji causal step.

Dari hasil pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa tingkat religiusitas dan brand likingberpengaruh terhadap keputusan pembelian dan  sikap terhadap merek sebagai variabel intervening mempengaruhi hubungan tingkat religiusitas dan brand liking terhadap keputusan pembelian makanan halal bersertifikat MUI dengan pengaruh partial mediation.

Kata kunci: tingkat religiusitas, brand liking, keputusan pembelian, label halal, sikap terhadap merek

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.