Evaluasi Kinerja Koperasi Serba Usaha Al-Ikhlas Kota Malang Periode 2011-2013 (Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 35.3/Per/M.UKM/X/2007)

Ruri Suryaningrum, Achmad Helmy Djawahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Koperasi Serba Usaha Al-Ikhlas Kota Malang pada periode 2011 hingga periode 2013. Alat penilaian yang digunakan untuk melakukan penilaian kinerja Koperasi Serba Usaha Al-Ikhlas adalah Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 35.3/Per/M.UKM/X/2007. Penilaian kinerja tersebut terdiri dari delapan aspek yaitu aspek permodalan, aspek kualitas aktiva produktif, aspek manajemen, aspek efisiensi, aspek likuiditas, aspek kemandirian dan pertumbuhan, aspek jatidiri koperasi dan aspek kepatuhan prinsip syariah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang mendeskripsikan atau menerangkan keadaan kesehatan kinerja Koperasi Serba Usaha Al-Ikhlas sehingga dapat diambil langkah evaluasi untuk memperbaiki kinerja. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara serta dokumentasi. Serta teknik analisis data dilakukan berdasarkan kedelapan aspek yang termasuk di dalam Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 35.3/Per/M.UKM/X/2007.

Kinerja Koperasi Serba Usaha Al-Ikhlas pada periode 2011 hingga 2013 mengalami penurunan. Pada periode 2011 Koperasi Serba Usaha Al-Ikhlas mendapatkan kriteria penilaian “CUKUP SEHAT”, periode 2012 Koperasi Serba Usaha Al-Ikhlas mendapatkan kriteria penilaian “CUKUP SEHAT” dan pada periode 2013 mendapatkan kriteria penilaian “CUKUP SEHAT”. Pada periode 2011 hingga 2013 aspek permodalan, aspek jatidiri koperasi serta kepatuhan prinsip-prinsip syariah selalu mendapatkan skor maksimal. Aspek yang mendapatkan skor terendah pada periode 2011 hingga 2013 adalah aspek kualitas aktiva produktif.

 

Kata kunci: Kinerja koperasi, koperasi syariah, permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, efisiensi, likuiditas, kemandirian dan pertumbuhan, jatidiri koperasi, kepatuhan prinsip syariah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.