Analisis Efektivitas Penyaluran Kredit Modal Kerja Mikro Laju Bank CIMB Niaga Malang kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) (Studi Kasus pada Mikro Laju Bank CIMB Niaga Tamin Malang)

Saniy Desu Novania, Roe khudin

Abstract


Peran dan potensi UMKM yang strategis dan diakui dalam perekonomian nasional tidak membebaskan sektor ini dari permasalahan klasik, yaitu terbatasnya modal untuk pengembangan usahanya. Melihat potensi UMKM yang begitu besar, tidak hanya bank lokal, tetapi juga bank asing dan bank nasional yang mayoritas sahamnya dipeluk pihak asing mulai melirik sektor ini. Salah satunya adalah Bank CIMB Niaga yang mulai memberikan kredit untuk sektor ini dengan unit Mikro Laju. Namun, fungsi perkreditan pada umumnya memikul risiko terbesar. Bank dapat meminimalisir masalah tersebut dengan penyaluran kredit yang efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses operasional penyaluran dan efektivitas penyaluran kredit Mikro Laju Bank CIMB Niaga Malang dilihat dari kondisi internal bank, kondisi calon debitur, dan kondisi lingkungan bank. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitiatif deskriptif. Data diambil dengan metode studi kasus dimana terdapat wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada objek penelitian. Objek penelitian ini adalah Kredit Modal Kerja Mikro Laju Bank CIMB Niaga Tamin Malang.

Hasil penelititan ini menunjukkan bahwa Mikro Laju Bank CIMB Niaga Tamin Malang memiliki profil kredit yang baik. Ini ditunjukan oleh tingkat NPL yang rendah yaitu 0,27% pada tahun 2011 dan 0,04% pada tahun 2012, jumlah debitur yang meningkat, dan pencairan dana kredit yang meningkat. Ini menunjukkan Mikro Laju Bank CIMB Niaga Malang mampu menyalurkan kreditnya dengan efektif karena perhatian yang besar terhadap kualitas kredit yang dipengaruhi oleh pengelolaan kondisi intermal dan eksternal bank yang baik. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas penyaluran kredit tersebut antara lain syarat pemberian kredit yang lengkap dan mudah; proses analisis yang benar dan teliti, dengan menerapkan analisis 5C; proses penagihan kredit yang mudah dengan berbagai alternatif; pembinaan dan pengawasan debitur; peran AO dan CO yang baik; pemanfaatan kredit debitur yang sesuai. Selain itu terdapat dua faktor eksternal bank yang mempengaruhi efektivitas penyaluran kredit, yaitu perkembangan ekonomi dan persaingan usaha perbankan mikro. Para debitur juga mengaku merasa puas dengan layanan yang diberikan karena kredit tersebut telah membantu dan mengembangkan usaha mereka.

 

Kata-kata kunci: Mikro Laju Bank CIMB Niaga Malang, kredit, UKM, efektivitas

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.