PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Seviana Putri Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris adanya pengaruh karakteristik perusahaan terhadap luas pengungkapan sukarela. Karakteristik perusahaan meliputi ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, profitabilitas, dan ukuran kantor akuntan publik. Sampel penelitian ini berjumlah 414 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010 dan 2011. Penentuan sampel dilakukan dengan metode penyampelan acak berstrata (stratified random sampling method). Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bukti empiris bahwa, diantara karakteristik perusahaan hanya ukuran perusahaan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap luas pengungkapan sukarela. Sedangkan variabel likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap luas pengungkapan sukarela. Dan variabel lainnya yaitu leverage, profitabilitas dan ukuran kantor akuntan publik tidak signifikan berpengaruh terhadap luas pengungkapan sukarela.

 

Kata kunci:  Pengungkapan sukarela, ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, profitabilitas, ukuran kantor akuntan publik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.