PERAN KOPERASI DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ANGGOTA (Studi Kasus Koperasi Wanita “Kartika Candra” Desa Karangjati Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan)

Muhammad Yanuar Fajri

Abstract


Koperasi merupakan organisasi yang dicanangkan dan didukung oleh pemerintah dengan tujuan kesejahteraan masyarakat. Kabupaten Pasuruan sebagai salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Jawa Timur memiliki potensi secara ekonomi yang perlu diperhitungkan. Sama halnya dengan kabupaten/kota di seluruh Indonesia keberadaan koperasi di Kabupaten Pasuruan dalam pengembangan dan pembangunan ekonomi rakyat diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan peningkatan pendapatan.

Salah satu Koperasi primer di Kabupaten Pasuruan dengan bentuk KOPWAN yang mampu bertahan dari tahun 1981 hingga saat ini dan mampu menjadi KOPWAN terbaik no 1 se-Kabupaten Pasuruan pada tahun 2014 yakni KOPWAN “Kartika Candra” di Kecamatan. KOPWAN “Kartika Candra” merupakan KOPWAN yang dapat dikatakan maju karena sejak berdiri pada tahun 1981 hingga saat ini masih berjalan serta mengukir prestasi dengan memiliki jumlah unit yang banyak, dan SHU yang terus meningkat dari tahun ketahun. Dengan majunya KOPWAN “Kartika Candra” diharapkan juga mampu berperan dalam meningkatkan pendapatan anggotanya.

Penelitian ini merupakan kualitatif serta menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini bermaksud menemukan, memahami, menjelaskan dan memperoleh gambaran tentang peran KOPWAN “Kartika Candra” dalam peningkatan pendapatan anggota Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.

Penentuan informan dilakukan berdasarkan design sample agar mampu mewakili seluruh anggota KOPWAN”Kartika Candra” maka ditentukan 8 responden. Setelah itu dilakukan analisis pendapatan melalui jumlah pendapatan rata-rata per tahun selama lima tahun terakhir yaitu mulai dari tahun 2010 hingga 2014.

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa KOPWAN “Kartika Candra” memiliki peran positif terhadap peningkatan pendapatan anggota serta keberadaannya memberi manfaat bagi anggota. Hal  tersebut terlihat dari analisis pendapatan responden serta pernyataan dari responden secara langsung. Dari pernyataan yang diberikan masing-masing responden bahwa responden merasakan terjadi peningkatan pada pendapatan mereka walapun tidak secara kontinue tiap tahun, serta responden merasakan bahwa dengan adanya KOPWAN “Kartika Candra” khususnya Unit Simpan Pinjam dan pelatihan khusus anggota sangat berperan dalam permodalan usaha untuk tetap berjalan dan bahkan usaha lebih maju.

Meskipun terdapat banyak lembaga keuangan di Kecamatan Pandaan para responden merasa tetap lebih menguntungkan menjadi nasabah dan anggota KOPWAN “Kartika Candra”. Selain itu responden juga merasa manfaat dengan adanya unit-unit usaha yang dikelolakan KOPWAN “Kartika Candra” karena mampu memenuhi kebutuhan anggota sehingga KOPWAN “Kartika Candra” mendapatkan kepercayaan dari para anggota. Kepercayaan dari anggota tentunya ditanggapi oleh KOPWAN “Kartika Candra” dengan melakukan pelayanan terbaik agar anggota merasa nyaman dan sejahtera.


Kata Kunci : Koperasi, Peran, KOPWAN “Kartika Candra”


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.