ANALISIS PENGARUH RASIO-RASIO KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2013

Helmi Afif Prasidha

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh rasio-rasio keuangan terhadap harga  saham.   Banyaknya  perusahaan  yang   go  public  mengakibatkan  arus informasi yang banyak pula terlibat di dalam pasar modal. Hal itu mendorong para investor untuk berhati-hati dalam menentukan keputusan yang diambilnya terkait  dengan pembelian saham yang optimal.  Harga saham mengindikasikan setiap  informasi akuntansi dari suatu perusahaan. Jika perusahaan mempunyai kinerja yang baik, maka investor akan mempertimbangkan untuk memiliki saham perusahaan tersebut. Salah satu pertimbangan yang dilakukan adalah dengan melakukan  analisis  rasio  keuangan  pada  laporan  keuangan  perusahaan  karena hasil analisis tersebut cukup berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. Oleh karena itu penulis memilih lima buah rasio keuangan untuk diteliti lebih lanjut yaitu Rasio Cepat (QR), Rasio Hutang terhadap Ekuitas (DER), Perputaran Total Aktiva (TAT), Marjin Laba Bersih (NPM)   dan Marjin Laba Operasi (OPM). Sampel  penelitian  ini  adalah  33  perusahaan  yang  terdaftar  di  Bursa  Efek Indonesia  khususnya  yang  dimasukkan  dalam  daftar  LQ45  dari  tahun  2011 sampai 2013 dengan jumlah observasi 99. Analisis penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik untuk menguji normalitas data dan regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan rasio-rasio keuangan berpengaruh terhadap harga saham.

 

 

Kata kunci  :   Harga Saham, Rasio Cepat (QR), Rasio Hutang terhadap Ekuitas (DER), Perputaran Total Aktiva (TAT), Marjin Laba Bersih (NPM), Marjin Laba Operasi (OPM)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.