Analisis Faktor Konfirmatori untuk Mengetahui Pembentukan Atribut Mall pada Mall di Kota Malang

Pradityo Irshadi

Abstract


Mall merupakan pusat perbelanjaan yang memiliki fungsi untuk berbelanja keperluan rutin, namun seiring dengan perkembangan zaman fungsi mall tidak hanya sekedar tempat untuk berbelanja kebutuhan rutin, namun saat ini fungsi mall juga meliputi tempat untuk berekreasi, mencari nilai gaya hidup, serta untuk bersosialisasi. Kota Malang merupakan salah satu kota yang memiliki perkembangan dalam bidang mall.

Peneliti menggunakan lima faktor dalam pembentukan atribut mall yaitu atmosfer,  lokasi,  fasilitas,  pelayanan,  dan  produk.  Sampel  yang  diambil  pada penelitian ini berjumlah 130 sampel dengan teknik pengambilan probability dengan cara simple random sampling. Alat uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, serta Confirmatory Factor Analysis (CFA) First Order dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 16.0 dan LISREL 8.80. Untuk pengujian hipotesis  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  uji  t  untuk  mengukur signifikansi setiap faktor pembentuk atribut mall serta menggunakan uji R square utnuk mengetahui faktor pembentuk atribut mall yang memiliki kontribusi terbesar.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa setiap faktor pembentuk atribut mall yang meliputi atmosfer, lokasi, fasilitas, pelayanan, dan produk signifikan dalam membentuk atribut mall dengan nilai t yang diatas dari t tabel (1,96) dengan masing- masing nilai t setiap variabel yaitu atmosfer (4,14), lokasi (5,18), fasiltias (8,84), pelayanan (8,99), produk (5,88). Untuk faktor yang memiliki kontribusi terbesar adalah pelayanan dengan nilai R square sebesar 0,61 atau 61 %

 

Kata kunci : Mall, Atribut mall, Kota Malang, Malang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.