PENGARUH DIMENSI ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN CAFÉ (Studi pada Pengakses Account Twitter @Bunchbead di Kota Malang)

Rizqi Dwi Aji Wibowo

Abstract


Seiring  dengan  perkembangan  teknologi  khususnya  internet,  semakin  banyak media social yang bermunculan sehingga mendorong timbulnya electronic word-of-mouth. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh variabel-variabel electronic word-of-mouth, diantaranya yaitu Concern for Others, Helping The Company, dan Expressing Positive Feelings, di media sosial Twitter terhadap minat beli konsumen pada café Bunchbead, dimana studi kasus penelitian ini adalah pada pengakses account twitter @Bunchbead di kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 110 responden dimana seluruhnya pernah mengakses akun Twitter @Bunchbead serta belum pernah mencoba atau membeli produk Bunchbead. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan interpretasi data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel Concern for Others, Helping The Company, dan Expressing Positive Feelings di media social Twitter berpengaruh kuat terhadap minat beli konsumen pada café Bunchbead.

 

 

Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth; Minat Beli; Social Media Marketing; Twitter

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.