ANALISIS KINERJA PELAYANAN BONGKAR MUAT PADA TERMINAL JAMRUD BERDASARKAN MODEL SISTEM ANTRIAN (Studi Kasus Pada Terminal Jamrud PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak)

Kery Putra Aditya

Abstract


Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   model   sistem   antrian   yang digunakan serta bagaimana kinerja sistem antrian dermaga Jamrud utara dalam pelayanan bongkar muat kapal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dimana penelitian ini menggambarkan mengenai kinerja pelayanan bongkar muat berdasarkan model sistem antrian, dengan menggunakan metode penelitian studi kasus untuk mengetahui permasalahan operasional yang mempengaruhi lamanya antrian.

Berdasarkan hasil analisis data, model sistem antrian pada dermaga Jamrud utara rata-rata adalah empat server, dan terbagi menjadi dua bagian kade meter untuk pelayanan general cargo dan curah kering yang masing masing memiliki dua kapasitas tambat atau server. Berdasarkan analisis model sistem antian, nilai Wq atau waiting time kapal belum mencapai kinerja yang ditetapkan, dan ditemukan adanya permasalahan sistem antrian dengan waktu yang cenderung lebih lama sehingga menyebabkan panjangnya jumlah antrian. Permasalahan tersebut disebabkan oleh tiga faktor yaitu faktor internal (pihak pelabuhan), faktor eksternal (pihak pengguna), dan faktor cuaca. Faktor internal dan eksternal merupakan faktor yang dapat dikendalikan perusahaan, yaitu dengan mengimplementasikan Total Productive Maintenance, analisis kebutuhan tenaga kerja, dan memastikan kesiapan untuk mengurangi waktu penundaan oleh pengguna.

 

 

Kata kunci : Pelabuhan, Bongkar Muat, Sistem Antrian, Kinerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.