PENGARUH KONTRIBUSI PAJAK HIBURAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA MALANG (Studi pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)

Bimo Adi Subagiyo

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan menjabarkan tentang penerimaan pajak hiburan dengan melihat pertumbuhan dan kontribusi pajak hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), seberapa besar tingkat pencapaian target terhadap PAD, seberapa besar laju pertumbuhan   pajak   hiburan   terhadap   perubahan   PAD   dan   bagaimana   prosekrealisasi penerimaan pajak hiburan pada tahun yang akan datang dengan menggunakan analisis trend. Penelitian  dilakukan  di  Kota  Malang  dengan data  yaitu  laporan  realisasi  penerimaan  pajak hiburan dan penerimaan PAD tahun anggaran 2001-2014. Hasil analisis yang dilakukan menunjukan pertumbuhan pajak hiburan di Kota Malang dari tahun 2001-2014 selalu mengalami kenaikan yaitu dengan rata-rata pertumbuhan 14,64%, walaupun masih dikategorikan kurang berhasil.

Kontribusi pajak hiburan Kota Malang terhadap PAD pada periode tahun anggaran 2001 sampai 2014 mengalami kenaikan yang fluktuatif, dimana kontribusi pajak hiburan terhadap PAD tertinggi pada tahun 2003 yaitu sebesar 2,74% dan terendah pada tahun 2011 yaitu sebesar 1,26%. Analisis trend pajak hiburan yang dilakukan untuk memproyeksikan penerimaan pajak hiburan  pada  tahun  2015  sampai  2017  menunjukkan  bahwa  terjadi  peningkatan  di  setiap tahunnya, sedangkan pada analisis trend PAD dilihat dari grafik dan hasil analisisnya untuk setiap tahunnya pada tahun anggaran 2001 sampai 2014 mengalami peningkatan yang sangat baik. 

Peningkatan  PAD  ini  disebabkan  oleh  adanya  sumbangan-sumbangan  yang  baik  dari sumber-sumber PAD lainnya selain pajak hiburan yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa potensi pajak hiburan masih dapat dimungkinkan untuk dikembangkan Upaya pemerintah daerah Kota Malang untuk meningkatatkan penerimaan pajak hiburan dan PAD adalah melalui upaya Intensifikasi pajak , Ekstensifikasi wajib pajak, dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

 

 

Kata kunci: Pajak Hiburan, Pendapatan Asli Daerah, Analisis Trend, Kota Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.