Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Transaksi Online

Tania Yolandia Larasati Kuswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan transaksi online dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk memperoleh data. Responden penelitian ini sebanyak   220   mahasiswa   Jurusan  Akuntansi   Fakultas   Ekonomi   dan   Bisnis Universitas Brawijaya  yang  pernah  melakukan  transaksi  online.  Peneliti menggunakan Partial Least Square (PLS) versi 2.0M3 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa konstruk kepercayaan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan transaksi online. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak pelaku bisnis  online  dan  manajemen  agar memperhatikan  kembali  faktor  kepercayaan,persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan untuk meningkatkan layanan bertransaksi online.

Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), Kepercayaan,  Persepsi Keamanan, Minat, Transaksi Online.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.