Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Transaksi Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan transaksi online dengan memodifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk memperoleh data. Responden penelitian ini sebanyak 220 mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang pernah melakukan transaksi online. Peneliti menggunakan Partial Least Square (PLS) versi 2.0M3 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa konstruk kepercayaan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan transaksi online. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak pelaku bisnis online dan manajemen agar memperhatikan kembali faktor kepercayaan,persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan untuk meningkatkan layanan bertransaksi online.
Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), Kepercayaan, Persepsi Keamanan, Minat, Transaksi Online.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.