DAMPAK KENAIKAN HARGA MINYAK DUNIA DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP VOLUME KOPI INDONESIA KE AMERIKA

Fina Mutia Sari

Abstract


Kopi merupakan salah satu komoditi subsector perkebunan unggulan Indonesia. Pada tahun 2013, nilai ekspor kopi mencapai 1.166.179.900 Dollar Amerika. Negara tujuan ekspor kopi dari Indonesia terbesar adalah Amerika Serikat dengan nilai ekspor kopi sebesar 207.037.600 Dollar Amerika atau sekitar 17% dari nilai ekspor kopi Indonesia secara keseluruhan negara. Besarnya eskpor kopi menuju Amerika membuat penulis melakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi volume ekspor kopi Indonesia ke Amerika.Penulis mengambil beberapa faktor yang diduga dapat mempengaruhi volume ekspor kopi Indonesia ke Amerika yaitu harga minyak dunia, nilai tukar, inflasi Amerika dan inflasi Indonesia.

Penelitian ini menggunakan analisis linier berganda, dengan beberapa uji asumsi klasik dan uji hipotesa.Hasil perhitungan regresi secara simultan menunjukan hasil positif dan signifikan terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Amerika. Secara parsial, harga minyak dunia berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Amerika, Nilai tukar tidak berpengaruh signifikan terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Amerika, Inflasi Amerika tidak berpengaruh signifikan terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Amerika, inflasi Indonesia berpengaruh signifikan terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Amerika. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 48,9% dan sisanya 51,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci : Volume Ekspor Kopi Indonesia Ke Amerika, Harga Minyak Dunia, Nilai Tukar Rupiah, Inflasi Amerika, Inflasi Indonesia, Ekspor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.