Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Produk Pembiayaan Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah X Cabang Malang)

Dwi Arida Harja Abrinta Sembiring

Abstract


Kenaikan dana yang disalurkan kepada masyarakat, mengindikasikan bahwa produk pembiayaan Bank Syariah di Indonesia cukup kompetitif dan memiliki pangsa pasar tersendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keputusan nasabah dalam mengambil produk pembiayaan pada Bank Syariah X Cabang Malang.

Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Sumber data primer dari penelitian ini hasil wawancara dengan tim marketing bank syariah dan informan yang dipilih dimana mereka benar-benar tergolong masih sedang mengambil pembiayaan pada Bank Syariah X Cabang Malang. Data sekunder dalam penelitian ini adalah informasi seputar Bank Syariah X Cabang Kota Malang yang di dapat melalui situs resmi Bank Syariah X Cabang Malang dan Laporan internal perusahaan. Analisa penelitian menggunakan teknik analisis data interaktif dan teknik pemeriksaan keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan nasabah dalam mengambil produk pembiayaan pada Bank Syariah X Cabang Kota Malang secara umum berdasarkan pada tiga aspek yaitu sistem dan syarat-syarat pembiayaan, profit sharing, dan prosedur dan pelayanan. Profit sharing merupakan aspek yang menjadi perhatian utama nasabah sebelum memutuskan apakah akan mengambil pembiayaan pada Bank Syariah X Cabang Kota Malang atau tidak.

Selain  ketiga  aspek  tersebut,  dalam  mengambil keputusan nasabah  juga  mempertimbangkan tingkat pencairan dana pembiayaan yang tinggi.

Kata Kunci: Keputusan Nasabah, Sistem dan syarat pembiayaan, Profit sharing, Prosedur dan pelayanan

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.