Analisis Potensi Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Sidoarjo di Wilayah Gerbangkertosusila

Rachmati Toshima Yasin

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dari sektor-sektor ekonomi di Kabupaten Sidoarjo dan mengidentifikasi interaksi ekonomi Kabupaten Sidoarjo dengan Satuan Wilayah Perencanaan (SWP) Gerbangkertosusila selama tahun 2010-2013. Penelitian ini menggunakan data PDRB Kabupaten Sidoarjo dan wilayah Gerbangkertosusila menurut lapangan usaha. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan alat analisis Location Quatient (LQ), Shift Share, Tipologi Sektoral, dan Model Gravitasi untuk mengetahui interaksi ekonomi antara Kabupaten Sidoarjo dengan Gerbangkertosusila.

Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan analisis LQ Kabupaten Sidoarjo memiliki dua sektor basis yaitu sektor industri pengolahan; dan sektor pengangkutan dan komunikasi. Terdapat dua sektor potensial untuk dikembangkan menjadi sektor basis secara keseluruhan di Kabupaten Sidoarjo yaitu sektor listrik, gas dan air; sektor perdagangan, hotel dan restoran. Nilai LQ rata-rata dari sektor listrik, gas dan air sebesar 0.74 dan sektor perdagangan, hotel dan restoran sebesar 0.81, nilai tersebut mendekati LQ>1 sehingga berpotensi menjadi sektor basis. Kedua sektor ini memiliki pertumbuhan yang baik di Kabupaten/Kota dan menempati Tipologi V dan VI, yang berarti sektor ini adalah sektor non basis, memiliki pertumbuhan yang cepat di Kabupaten Sidoarjo walaupun pertumbuhan di wilayah Gerbangkertosusila lambat, sehingga berpotensi untuk dikembangkan menjadi sektor basis.

Analisis gravitasi menunjukkan bahwa Kabupaten Sidoarjo memiliki keterkaitan yang kuat dengan Kabupaten Gresik dan Surabaya. Ketiga daerah tersebut termasuk kedalam daerah industri pada perencanaan daerah di wilayah Gerbangkertosusila.

Kata kunci: PDRB sektor-sektor ekonomi Kabupaten Sidoarjo dan Gerbangkertosusila, Location Quotient (LQ), Shift Share, Tipologi Sektoral dan Model Gravitasi.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.