AUDIT MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PEMASARAN (Studi Kasus pada AJB BUMIPUTERA 1912 Kantor Pemasaran Erlangga)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran yang sudah dilakukan. Area pemasaran terdiri dari lingkungan pemasaran, strategi pemasaran, organisasi pemasaran, sistem pemasaran, produktivitas pemasaran, dan fungsi pemasaran lainnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berbentuk studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Penilaian efektifitas dan efisiensi fungsi pemasaran dilakukan melalui audit manajemen dengan membandingkan antara kriteria, ebab, dan akibat serta pemberian rekomendasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemasaran masih terdapat masalah yaitu tidak tercapainya target yang menjadi ukuran efektivitasnya di produktivitas, kegiatan pemasaran dan koneksi yang lambat pada bagian teknologi, walaupun beberapa fungsi sudah dijalankan dengan baik, aktivitas pemasaran AJB Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Erlangga juga belum tergolong efisien karena realisasi rasio perbandingan BO / PO melebihi rasio anggaran perbandingan BO / PO.
Kata kunci : Audit manajemen, efektivitas, efisiensi, fungsi pemasaran, asuransi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.