AUDIT MANAJEMEN UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PEMASARAN (Studi Kasus pada AJB BUMIPUTERA 1912 Kantor Pemasaran Erlangga)

Bunga Ayu Pamungkas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran yang sudah dilakukan. Area pemasaran terdiri dari lingkungan pemasaran, strategi pemasaran,  organisasi pemasaran,  sistem  pemasaran,  produktivitas  pemasaran, dan fungsi pemasaran lainnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berbentuk studi kasus. Data dalam penelitian  ini  diperoleh  melalui wawancara,  kuisioner,  observasi,  dan dokumentasi. Penilaian efektifitas dan efisiensi fungsi pemasaran dilakukan melalui audit  manajemen  dengan  membandingkan  antara  kriteria,  ebab,  dan akibat serta pemberian rekomendasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan  pemasaran  masih terdapat  masalah  yaitu  tidak  tercapainya  target yang menjadi ukuran efektivitasnya di produktivitas, kegiatan pemasaran dan koneksi  yang lambat pada bagian teknologi, walaupun beberapa fungsi sudah dijalankan dengan baik, aktivitas pemasaran AJB Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Erlangga juga belum tergolong efisien karena realisasi rasio perbandingan BO / PO melebihi rasio anggaran perbandingan BO / PO.

Kata   kunci   :  Audit  manajemen,  efektivitas,   efisiensi, fungsi  pemasaran, asuransi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.