PENGARUH ETOS KERJA ISLAMI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Waroeng Stike And Shake Di Kota Malang)

I Wayan Marsalia Indica

Abstract


I Wayan Marsalia Indica, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya. Pengaruh Etos Kerja Islami dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Organisasional  dan Kinerja karyawan Pada Waroeng Steak And Shake di Kota Malang. Dosen pembimbing Prof. Dr. Margono, SE. SU. Prof. Dr. Achmad Sudiro, SE,. ME dan Misbahuddin Azzuhri, SE, MM, CPHR.

Peran Sumber daya manusia dalam memajukan perusahaan sangatlah penting. Salah satu pendekatan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah melalui pendekatan agama. Dalam agama islam terdapat konsep etos kerja islami yang berlandaskan Al Qur’an serta contoh dari Nabi Muhammad SAW. Selain etos kerja islami peran seorang pemimpin dalam menerapkan gaya kepemimpinan transformasional dengan baik akan mampu meningkatkan komitmen organisasional dan kinerja karyawan pada Waroeng Steak and Shake di Kota Malang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh signifikan antara etos kerja islami dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional dan kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan teknik sensus terhadap 77 karyawan Waroeng steak and sheak di Kota Malang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi selanjutnya diolah dengan menggunakan analisa diskriptif dan Path. Hasil analisis menunjukan bahwa : (1) etos kerja islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, (2) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, (3) etos kerja islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (4) gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (5) komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (6) komitmen organisasi memediasi pengaruh etos kerja islami terhadap kinerja karyawan, (7) komitmen organisasi memediasi pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci : Etos Kerja Islami, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Organisasional, dan Kinerja Karyawan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.