ANALISIS PENGARUH CASH RATIO, RETURN ON ASSETS, DEBT TO EQUITY RATIO DAN EARNING PER SHARE TERHADAP CASH DIVIDEND (Studi Pada Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar Di BEI)

Yogi Hendri Fitryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji variabel yang mempengaruhi Cash Dividend. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini antara lain Cash Ratio, Return On Assets, Debt to Equity Ratio dan Earning Per Share terhadap Cash Dividend pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode penelitian 2011-2014.

Populasi yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 18 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Subsektor makanan dan minuman. Jumlah sampel penelitian sebanyak 8 perusahaan dengan kriteria perusahaan tersebut terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia dan selama tahun penelitian membagikan Cash Dividend. Data yang telah terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan selama penelitian ini, diperoleh temuan bahwa variabel Cash Ratio dan Earning Per Share berpengaruh signifikan terhadap Cash Dividend perusahaan. Artinya kedua variabel tersebut merupakan faktor yang berpengaruh dan perlu diperhatikan dalam pembagian Cash Dividend perusahaan sampel. Variabel Return On Assets dan Debt to Equity Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Cash Dividend  perusahaan. Artinya dalam penelitian ini variabel tersebut belum menjadi faktor yang berpengaruh dan perlu diperhatikan dalam pembagian Cash Dividend perusahaan.

Kata Kunci: CASH RATIO, RETURN ON ASSETS, DEBT TO EQUITY RATIO, EARNING PER SHARE, CASH DIVIDEND

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.