ANALISIS PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, RASIO PASAR DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB SEKTOR TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BEI

Alifa Widiasti Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas, rasio pasar dan economic value added (EVA) terhadap harga saham perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar  di  BEI.  Variabel  bebas  dalam  penelitian  ini  adalah  7  rasio  keuangan;  Rasio Profitabilitas (NPM, OPM, BEP), Rasio Pasar (EPS, PER, DY), dan Economic Value Added (EVA). Variabel terikat adalah harga saham (Closing Price). Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, selama periode 2012-2014 diperoleh sebanyak 15 perusahaan dari sektor transportasi sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda untuk melihat besar pengaruh variabel bebas dalam mempengaruhi harga saham.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rasio pasar EPS, PER dan DY serta EVA berpengaruh  terhadap  harga  saham  secara  signifikan.  Berdasarkan  uji  t  secara  parsial  pada tingkat alpha 5% menunjukkan EPS mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar, maka EPS adalah variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap harga saham. Hasil dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil adjusted R 2 sebesar 0,520. Artinya bahwa 52% variabel Harga Saham dipengaruhi oleh variabel bebas.

 

 

Kata Kunci: Harga Saham, Rasio Profitabilitas, Rasio Pasar, dan EVA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.