ANALISIS KESESUAIAN GOVERNMENT FINANCE STATISTICS (GFS) DENGAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN (SAP)

Sarintan Pratiwi Usman

Abstract


Government Finance Statistics (GFS) mempunyai kerangka akuntansi yang sesuai untuk menganalisis dan mengevaluasi kebijakan fiskal, khususnya kinerja sektor pemerintah secara umum dan sektor pemerintah lainnya untuk dibandingkan. Input utama GFS adalah laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian GFS dengan SAP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Content analysis dilakukan untuk memahami  PP 71 Tahun 2010 dan Government Finance Statistics Manual

2014 beserta implikasinya dan comparative analysis digunakan untuk membandingkan kedua standar tersebut. Hasil penelitian  menjelaskan GFS belum sesuai dengan SAP dikarenakan perbedaan ruang lingkup,  klasifikasi dan pengakuan dalam akun, belum adanya sistem prosedur yang sesuai dengan keadaan akuntansi pemerintahan di Indonesia. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan mapping akun dan prosedur  konsolidasi SAP ke GFS. Pemerintah harus mengembangkan sistem dan prosedur konsolidasi GFS dan SAP agar analisis dan evaluasi kebijakan fiskal dengan tepat.

 

Keywords:  Government Finance Statistics, Government Accounting Standards (SAP), AccrualBasis, Consolidated Government Report, Public Sector Accounting.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.