Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kepercayaan Wajib Pajak Terhadap Minat Menggunakan E-filing Sebagai Sarana Pelaporan Pajak (Study Kasus di PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa)

Ahmad Teguh Perkasa

Abstract


Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Pesepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-filing Sebagai Sarana Pelaporan Pajak (Studi Kasus di PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, persepsi Kemudahan penggunaan dan persepsi kepercayaan terhadap penggunaan e-filing sebagai sarana pelaporan pajak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan alat statistik regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa yang telah menggunakan e-filing. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kebermanfaatan dan persepi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap penggunaan e-filing sedangkan persepsi kepercayaan tidak memiliki pengaruh terhadap penggunaan e-filing disebabkan oleh integritas dari sistem e-filing tersebut belum memuaskan wajib pajak sehingga menurunkan rasa percaya dari wajib pajak untuk menggunakan sistem e-filing. sehingga semakin tinggi kebermanfaatan dan kemudahan yang disajikan oleh sistem e-filing maka akan mendorong wajib pajak untuk menggunakan e-filing dan meningkatkan intensitas penggunaan sistem e-filing itu sendiri.

 

Kata   Kunci:   Persepsi   kebermanfaatan,   Persepsi   kemudahan   pengguna,   Persepsi kepercayaan, penggunaan e-filing.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.