PENGARUH CITY BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN KUNJUNGAN KEMBALI KE OBJEK WISATA (Studi Komparasi pada Wisatawan Objek Wisata di Kota Malang dan di Kota Batu)
Abstract
Keputusan kunjungan kembali akan meningkatkan tingkat penggunaan
layanan dan penggunaan di masa yang akan datang. City Branding terkait dengan keputusan kunjungan kembali wisatawan ke objek wisata secara berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh City Branding yang terdiri dari: Clean Environment, Safety, Nature, Shopping, Transport, Social Bonding, dan City Brand Attitudes terhadap Keputusan Kunjungan Kembali ke Objek Wisata di Kota Malang dan di Kota Batu, serta untuk mengetahui perbedaan signifikansi antara variabel City Branding dan Keputusan Kunjungan Kembali ke Objek Wisata di Kota Malang dengan variabel City Branding dan Keputusan Kunjungan Kembali ke Objek Wisata di Kota Batu.
Penelitian ini menggunakan 100 sampel (100 studi Kota Malang dan 100 studi Kota Batu) yang diperoleh melalui purposive sampling. Analisis penelitian menggunakan uji regresi linier berganda dan uji beda t-test dengan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa City Branding berpengaruh terhadap Keputusan Kunjungan Kembali ke Objek Wisata di Kota Malang dan di Kota Batu. Pada studi Kota Malang, terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel City Branding yang terdiri dari: Nature dan Social Bonding terhadap Keputusan Kunjungan Kembali. Pada studi Kota Batu, terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel City Branding yang terdiri dari: Nature, Shopping, Transport, dan Social Bonding terhadap Keputusan Kunjungan Kembali. Hasil uji perbandingan atau komparasi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel City Branding yang terdiri dari: Clean Environment, Safety, Nature, Shopping, Social Bonding, City Brand Attitudes, dan Keputusan Kunjungan Kembali. Variabel City Branding yang terdiri dari: Transport tidak memiliki perbedaan yang signifikan antara di Kota Malang dengan di Kota Batu.
Kata Kunci: City Branding, Clean Environment, Safety, Nature, Shopping, Transport, Social Bonding, City Brand Attitudes, Keputusan Kunjungan Kembali.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.