REAKSI PASAR MODAL INDONESIA TERHADAP PERISTIWA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) 2015 (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Hilda ‘Asla Mari’a

Abstract


Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuiperbedaanabnormal return(AR) dan Trading Volume Activity (TVA) sebelumdansesudahberlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada tanggal 31 Desember 2015 padaperusahaanManufakturdalamindeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.PenelitianinimerupakanjenispenelitianEvent study yang mempelajari reaksi pasar terhadap suatu peristiwa yang informasinya dipublikasikan sebagai suatu pengumuman. Periode pengamatan ini adalah 10 hari sebelum, 1 hari saat event, dan 10 hari setelah ditetapkan  MEA.

Teknik pengumpulan data ini termasuk teknik dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahan manufaktur yang termasuk dalam indeks LQ45. Penelitian dengan variabel AR dan TVA ini diuji dengan menggunakan paired samples t-test.

Hasil penelitian ini adalah bahwa secara statistika adaperbedaanARdan TVA sebelumdan saat ditetapkan MEA. Namun saat dan sesudah ditetapkan MEA tidak terdapat perbedaan yang signifikan sedangkan secara keseluruhan sebelum dan setelah ditetapkan MEA tidak ada perbedaan AR dan TVA yang signifkan. Dengan kata lain peristiwa ekonomi MEA tidak mengandung informasi yang berarti bagi investor sehingga membuat pasar tidak bereaksi.

Kata Kunci:MasyarakatEkonomi ASEAN, Abnormal Return, Trading Volume Activity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.