ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN (Studi Pada Industri Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014

Bayu Kartika Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 3(tiga) perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Perusahaan tersebut yaitu PT. Gudang Garam, Tbk, PT. HM. Sampoerna, Tbk, dan PT. Bentoel Internasional Investama, Tbk. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif.

Rasio yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio likuiditas yang terdiri dari Current Ratio dan Quick Ratio, rasio leverage yang terdiri dari Debt to Total Assets Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER), rasio profitabilitas yang terdiri dari Return on Equity (ROE) dan Return on Investment (ROI), dan rasio nilai pasar terdiri dari Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER).

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kinerja PT. Gudang Garam pada rasio CR memiliki nilai tertinggi, sedangkan PT. Bentoel mimiliki nilai paling rendah. Pada rasio QR tertinggi pada PT. Sampoerna. Dari segi perkembangan profitabilitas, PT. HM sampoerna memiliki nilai tertinggi dan     PT. Bentoel terendah. Dari segi perkembangan rasio leverage nilai tertinggi pada PT. Bentoel dan terendah pada PT. Gudang Garam. Dari hasil analisis dapat  dilihat ketiga perusahaan memiliki kinerja yang sengat berbeda, pada PT. Bentoel memiliki permasalahan dalam pengelolaan hutang atau kewajibannya. Hal Ini mengakibatkan PT. Bentoel mengalami kondisi kinerja perusahaan yang cukup buruk.

 

Kata Kunci: KINERJA KEUANGAN, RASIO LIKUIDITAS, RASIO LEVERAGE, RASIO PROFITABILITAS, RASIO NILAI PASAR.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.