Analisis Pengaruh Nilai Produksi, Investasi, Tingkat Upah, Tingkat Pendidikan, dan Teknologi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Industri Kreatif (Studi Kasus Industri Kreatif Subsektor Kerajinan : Industri Keramik Kota Malang)

Astri Nur Alifia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai produksi, investasi, tingkat upah, tingkat pendidikan, dan teknologi terhadap penyerapan tenaga kerja industri keramik Kota Malang. Data yang digunakan merupakan data primer, yang merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara terhadap seluruh pengusaha keramik. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan responden sebanyak 32 pengrajin industri keramik. Pengolahan data menggunakan software SPSS for Windows 20.00 serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh nilai produksi, investasi, tingkat upah, tingkat pendidikan, dan teknologi terhadap penyerapan tenaga kerja. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan nilai produksi, investasi, tingkat upah, tingkat pendidikan, dan teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja Industri Keramik Kota Malang

Kata kunci : Nilai Produksi, Investasi, Tingkat Upah, Tingkat Pendidikan, Teknologi, Penyerapan Tenaga Kerja, Industri Kerajinan Keramik, Industri Kreatif .

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.