PERAN SISTEM DROPSHIP, MEDIA SOSIAL, DAN POTENSI KEUNTUNGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA DARING (ONLINE) (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG)

Lilis Widiawaty

Abstract


Penelitian ini berdasarkan pada perkembangan teknologi internet yang memudahkan komunikasi manusia. Perkembangan teknologi internet mengubah kebiasaan masyarakat yang awalnya bertransaksi luring (offline) beralih ke transaksi daring (online). Media internet yang berpeluang besar untuk menunjang transaksi jual beli daring adalah mengoptimalkan media sosial facebook. Media sosial facebook sangat berpotensi sebagai tempat promosi karena mempunyai pengguna yang banyak dan minim biaya. Ditambah lagi dengan menerapkan sistem dropship yang sangat memudahkan pelaku bisnis karena tidak perlu sewa tempat dan stok barang terlebih dahulu. Jadi bisnis dengan menggunakan sistem dropship dan media sosial facebook akan dapat menghasilkan potensi keuntungan yang besar. Penelitian ini ingin mengetahui peran sistem dropship, media sosial dan potensi keuntungan dalam meningkatkan minat wirausaha daring (online). Penelitian ini menggunakan teori distribusi, teori pasar, teori minimizing cost, teori e-commerce, teori kewirausahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu metode untuk menguji teori teori yang ada yang saling menguji hubungan diantara variabel yang terkait yaitu sistem dropship (X1), media sosial facebook (X2), potensi keuntungan (X3) dan minat wirausaha (Y). Setelah itu dihitung dan dianalisis berdasarkan prosedur statistik yang menggunakan aplikasi SPSS. Sumber data yang didapatkan dari kuesioner yang disebar dan melakukan analisis regresi linear berganda. Populasinya mencangkup mahasiswa semester 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang telah menempuh mata kuliah Kewirausahaan dan sedang berbisnis dengan sistem dropship dan menggunakan media sosial facebook untuk berpromosi, sampelnya terdiri dari 90 mahasiswa. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa sistem dropship (X1), media sosial facebook (X2), dan potensi keuntungan (X3) berpengaruh signifikan terhadap minat wirausaha online (Y).

Kata Kunci: Sistem dropship, media sosial facebook, potensi keuntungan, minat wirausaha, bisnis online


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.