NILAI TAMBAH DARI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (STUDI KASUS PADA PT. SEMEN INDONESIA)

Arya Nusantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan atau penurunan nilai tambah CSR pada PT. Semen Indonesia tbk dalam rentang waktu lima tahun (2010-2014). Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dan berjenis studi kasus. Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) berupa laporan keuangan dan laporan berkelanjutan. Nilai tambah diukur melalui pendekatan EVA untuk mengetahui kinerja CSR perusahaan dengan konsep triple bottom line pada CSR yaitu profit, people, planet. Laporan keuangan sebagai sumber perhitungan EVA pada dimensi profit sedangkan laporan berkelanjutan sebagai sumber perhitungan EVA pada dimensi people dan planet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CSR selalu menciptakan nilai tambah (value added) pada PT. Semen Indonesia tbk. Fenomena yang terjadi adalah nilai yang timbul tidak selalu meningkat pada setiap tahunnya. Nilai dari EVA profit cenderung turun di tahun terakhir pelaporan sedangkan nilai dari EVA people cenderung meningkat setiap tahunnya dan nilai dari EVA planet cenderung fluktuatif setiap tahunnya. Secara rata-rata nilai keseluruhan dari EVA meningkat pada tahun 2010 hingga 2013 dan mengalami penurunan pada tahun 2014. Penurunan nilai ini disebabkan penciptaan nilai pada dimensi profit dan planet mengalami penurunan pada tahun 2014.

Kata kunci : Nilai tambah, penciptaan nilai, triple bottom line, Corporate Social Responsibility, EVA.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.