PENILAIAN KINERJA KEUANGAN KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. SAIFUL ANWAR (KPRI RSSA) MALANG

Khoir iyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan menganalisis kinerja keuangan KPRI RSSA Malang dari tahun ke tahun, dengan menggunakan laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba/rugi selama tahun 2012-2014. Untuk mengetahui kinerja keuangan koperasi ini, digunakan alat penilaian kinerja yang berpedoman pada Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Nomor 06/Per/M.KUKM/V/2006 tentang Pedoman Penilaian Koperasi Berprestasi/Koperasi Award.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menerangkan keadaan kinerja keuangan koperasi sebagaimana adanya, sehingga dapat diambil langkah evaluasi untuk memperbaiki kinerjanya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi. Serta teknik analisis data dilakukan berdasarkan aspek produktivitas dalam Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Nomor 06/Per/M.KUKM/V/2006 yang terdiri dari rasio-rasio keuangan, yaitu: Rentabilitas Modal Sendiri, Return on Asset, Asset Turn Over, Net Profit Margin, Current Ratio, Total Hutang terhadap Aset, Total Hutang terhadap Modal Sendiri, dan Perputaran Piutang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan KPRI RSSA Malang selama tahun 2012 sampai dengan 2014 mengalami penurunan pada tahun 2014. Pada tahun 2012, 2013, dan 2014 mendapatkan predikat “KURANG BAIK” dengan nilai 15,6 pada tahun 2012 dan 2013, serta nilai 9,3 pada tahun 2014. Nilai yang diperoleh tersebut masih jauh dari standar yang ditentukan, maka diharapkan koperasi mampu untuk meningkatkan kinerja di tahun-tahun selanjutnya sehingga dapat mensejahterakan anggota. Pada tahun 2012 sampai dengan 2014 rasio yang termasuk klasifikasi kurang baik yaitu rentabilitas modal sendiri, return on asset, net profit margin, current ratio, dan total hutang terhadap aset. Rasio yang mendapatkan skor terendah pada tahun 2012 sampai dengan 2014 yaitu asset turn over, total hutang terhadap modal sendiri, dan perputaran piutang.

Kata Kunci: KPRI, Kinerja Keuangan, Laporan Keuangan, Aspek Produktivitas, Rasio Keuangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.