ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR DESA DENGAN PENDEKATAN MODEL 7S MCKINSEY (Studi Pada Badan Usaha Milik Desa Unit Bisnis Pasar Desa Di Desa Gedok Wetan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang)

Tony Mawastya

Abstract


Persoalan kemiskinan masih menjadi salah satu masalah utama dalam pembangunan di Indonesia terutama desa. Untuk itu pemerintahan Indonesia memberikan kewenangan untuk desa dalam mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu yang menjadi strategi pemerintah untuk memberantas kemiskinan tersebut adalah dengan membuat Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di setiap desa terutama Unit Bisnis Pasar Desa. Untuk itu, BUM Desa juga harus memerlukan manajemen strategi yang baik dalam menjalankan fungsinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pengembangan pasar desa pada BUM Desa, mengidentifikasi dan menganalisis hambatan yang ada dan menjelaskan strategi yang seharusnya dilakukan untuk pengembangan pasar desa di desa Gedogwetan Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kerangka kerja model 7S McKinsey. Ketujuh dari  elemen 7S McKinsey ini  yaitu, strategy, structure, system, style, staffing, skill, dan shared values. Kondisi BUM Desa Unit Pasar Desa akan digambarkan melalui ketujuh elemen7S McKinsey, setelah mengetahui kondisi organisasi melalui tujuh elemen tersebut maka akan di analisis hambatan yang terjadi di setiap elemen tersebut, dan kemudian hambatan tersebut akan dibuatkan langkah strategi untuk dijadikan bahan evaluasi dari hambatan tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan strategi pengembangan pasar desa terdapat hambatan-hambatan di setiap elemen 7S McKinsey di BUM Desa dan Unit Pasar Desa Gedogwetan. Hambatan-hambatan tersebut adalah BUM Desa masih belum memiliki strategi yang jelas dibuktikan dengan belum adanya visi dan misi sebagai perencanaan strategi, belum jelasnya deskripsi jabatan dalam struktur, sistem yang masih belum baik untuk pengurus dan pedagang. Pemimpin yang memiliki pekerjaan lain selain menjadi pengurus, tidak adanya seleksi, penilaian kinerja dan reward bagi pengurus, tidakadanyapelatihandanteam building. Hambatan tersebut diatasi dengan membuat strategi  pada setiap permasalahan pada tujuh elemen yang ada.

Kata Kunci: BUM Desa, Pengembangan pasar desa, 7S McKinsey, Implementasi Strategi Pengembangan Pasar Desa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.