PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Candra Bayu Pradana Putra, Arum Prastiwi

Abstract


Di era globalisasi ini terdapat isu tentang pertanggung jawaban sosial  (corporate social responsibility) yang banyak dibicarakan masyarakat. Intinya perusahaan tidak hanya dituntut mengejar keuntungan yang sebesarbesarnya tetapi harus memperhatikan lingkungan sekitarnya, baik manusia maupun alam. Pengungkapan tanggung jawab sosial menjadi penting untuk melihat apakah perusahaan sudah melaksanakan fungsi sosialnya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik yang memengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ada 5 faktor yang memengaruhi pengungkapan yaitu:  ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan saham publik. Pengungkapan tanggung jawab sosial diukur menggunakan  corporate social responsibility disclosure index  (CSRDI). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan dengan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 20082010. Pemilihan sampel  ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode tersebut diperoleh sebanyak 34 perusahaan sampel dari 102 jumlah populasi. Hasil analisis dengan metode regresi linier berganda menunjukkan ukuran perusahan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah  leverage,  profitabilitas, ukuran dewa komisaris, dan kepemilikan saham publik.  


Kata kunci : Perusahaan manufaktur, ukuran perusahaan, leverage,  profitabilitas, ukuran dewan komisaris, kepemilikan saham publik, pengungkapan tanggung jawab sosial, dan regresi linear berganda

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.