“PENGARUH MEKANISME INTERNAL GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI”

Yem ima

Abstract


Banyak pihak menilai bahwa krisis finansial terjadi sebagai akibat dari lemahnya praktek Good Corporate Governance (GCG). Oleh karena itu peranan GCG dalam perusahaan dinilai sangat penting juga dalam peningkatan profitabilitas perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh mekanisme internal good corporate governance terhadap profitabilitas perusahaan pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori yang bertujuan mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Data dikumpulkan dari laporan tahunan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dan diperoleh sebanyak 6 perusahaan pertambangan. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakan analisis regresi linear.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dengan arah positif komite audit terhadap profitabilitas, Terdapat pengaruh tidak signifikan dengan arah negatif kepemilikan manajerial terhadap profitabilitas. Terdapat pengaruh tidak signifikan dengan arah positif kepemilikan institusional terhadap profitabilitas dan terdapat pengaruh signifikan dengan arah negatif komisaris independen terhadap profitabilitas. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan mekanisme internal perusahaan pertambangan masih belum berjalan dengan baik secara keseluruhan.

Kata Kunci:   Profitabilitas, Komite Audit, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.