ANALISIS PENGARUH KONDISI MAKROEKONOMI TERHADAP REALISASI LELANG EKSEKUSI BARANG JAMINAN KREDIT JAWA TIMUR 2005-2015

Mahendra Phazazada Sunaryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kondisi makroekonomi seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, tingkat pengangguran, pendapatan, perkapita terhadap keterkaitannya dengan realisasi lelang eksekusi barang jaminan kredit di Jawa Timur pada periode 2005-2015. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji hipotesis yakni uji F dan uji t statistic, dan uji determinasi. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi.

 

Berdasarkan hasil uji asumsi klasik yaitu  uji multikolinearitas,uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi tidak ada variable yang ditemukan menyimpang dari uji asumsi klasik. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa variable inflasi, tingkat pengangguran, pendapatan perkapita dan Non Performing Loan (NPL) secara  parsial berpengaruh signifikan terhadap realisasi lelang eksekusi barang jaminan kredit Jawa Timur. Sedangkan pertumbuhan ekonomi secara parsial tidak berpengaruh terhadap realisasi lelang eksekusi barang jaminan kredit Jawa Timur. Kemampuan variable bebas menjelaskan variable realisasi lelang eksekusi barang jaminan kredit sebesar 72% dan 28% sisanya dipengaruhi factor lain diluar variable penelitian.

 Kata kunci: Realisasi lelang eksekusi barang jaminan kredit, pertumbuhan ekonomi, inflasi, tingkat pengangguran, pendapatan perkapita, Non Performing Loan (NPL)

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.