ANALISIS PENGARUH EFISIENSI PENGELUARAN PEMERINTAH SEKTOR PUBLIK TERHADAP KINERJA PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT DI PROVINSI JAWA TIMUR (STUDI PADA 38 KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR)

Kristianto Bagus Hadi Prakoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah anggaran belanja publik pemerintah Jawa Timur khususnya sektor pendidikan,kesehatan, dan infrastruktur telah digunakan dan dikelola secara efisien dan bagaimana pengaruhnya kepada kinerja pembangunan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat  di  Jawa  Timur.  Alat  analisis  yang digunakan  adalah Data Envelopment Analysis untuk menghitung tingkat efisiensi sektor publik dan Partial Least Square untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efisiensi sektor publik terhadap kinerja pembangunan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur banyak daerah yang tidak efisien dalam penggunaan anggarannya. Namun ternyata efisiensi  tersebut  memiliki pengaruh  yang  cukup signifikan  terhadap  kinerja  pembangunan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat di Jawa Timur.

Kata   kunci:   Belanja   Publik,   Efisiensi,   Kinerja  Pembangunan Ekonomi,  Kualitas  Hidup Masyarakat, Data Envelopment Analysis, Partial Least Square


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.