PENGARUH KONSEP BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN KANTOR PUSAT PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) SURABAYA

Tubagus Deata Sukma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari konsep budaya organisasi yang terdiri dari dimensi inovasi dan keberanian pengambilan resiko, perhatian terhadap hal-hal detail, orientasi terhadap hasil, orientasi terhadap manusia, orientasi terhadap tim, agresifitas, dan stabilitas terhadap kinerja karyawan di Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah explanatory (penjelasan) yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel bebas yaitu konsep Budaya Organisasi (X) dengan dimensi inovasi dan keberanian pengambilan resiko, perhatian terhadap hal-hal detail , orientasi terhadap hasil , orientasi terhadap manusia , orientasi terhadap tim , agresifitas , dan stabilitas  terhadap variabel terikat Kinerja Karyawan (Y) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 80 karyawan tetap dan observasi. Instrumen dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, analisis deskripsi statistic dan Goodness of Fit Test.
Hasil dari analisis regresi berganda menunjukan bahwa konsep Budaya Organisasi (X) dengan dimensi nya yaitu inovasi dan keberanian pengambilan resiko , perhatian terhadap hal-hal detail, orientasi terhadap hasil , orientasi terhadap manusia , orientasi terhadap tim , agresifitas , dan stabilitas  berpengaruh pada Kinerja Karyawan (Y). Selain itu didapat hasil untuk dimensi orientasi terhadap hasil dan orientasi terhadap tim berpengaruh signifikan  terhadap Kinerja Karyawan (Y). Kemudian dilihat dari nilai Adjusted R Square menunjukan bahwa besarnya pengaruh antar variabel X dan Y sebesar 0.656 yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara dimensi inovasi dan keberanian pengambilan resiko , perhatian terhadap hal-hal detail , orientasi terhadap hasil , orientasi terhadap manusia , orientasi terhadap tim , agresifitas , dan stabilitas  terhadap Kinerja Karyawan (Y) sebesar 65.6% sedangkan sisanya 34.4% dijelaskan oleh Variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata    Kunci :    Budaya   Organisasi,   Kinerja   Karyawan,   


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.