PERUMUSAN STRATEGI PADA RICHDJOE BARBERSHOPS MALANG

Riska Eka Pramita

Abstract


     Penelitian ini merupakan penelitian di bidang manajemen strategi yang

     bertujuan untuk mengetahui strategi yang paling tepat pada Richdjoe Barbershops Malang. Obyek dari penelitian ini yaitu RichDjoe Barbershop yang beralamatkan di Jl. Cokelat no.1 Soekarno Hatta, Malang. RichDjoe Barbershop merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa dan memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan usahanya. Dalam mengembangkan usahanya Richdjoe Barbershops perlu melakukan analisis lingkungan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan acaman yang dihadapi agar mampu menetapkan alternatif strategi yang tepat.

     Analisis dilakukan melalui penilaian eksternal pada kekuatan ekonomi, kekuatan sosial, budaya, dan demografis, kekuatan pemerintah dan hukum, dan kekuatan teknologi. Selain itu dilakukan penilaian internal yang meliputi manajemen, pemasaran, keuangan, produksi/operasi, serta inovasi dan pengembangan. Faktor-faktor eksternal dan internal tersebut dianalisis menggunakan Matriks EFE untuk mengetahui peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal perusahaan, Matriks IFE untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal perusahaan. Kedua analisis lingkungan ini selanjutnya diolah menggunakan Matriks IE untuk mengetahui alternatif strategi yang dapat digunakan, masuk ke tahap akhir alternatif strategi ini akan dipilih mana yang terbaik dengan menggunakan Matriks QSPM.

      Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang tepat digunakan untuk usaha ini adalah strategi penetrasi pasar dengan Total Skor Daya 4,02. Strategi penetrasi pasar ini  sangat  cocok  untuk  diimplementasikan  karena RichDjoe Barbershop berpotensi untuk mencari pangsa pasar yang lebih besar melalui upaya-upaya pemasaran yang lebih baik.

Kata kunci : Strategi, Perumusan Strategi, Faktor Internal dan Eksternal, Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks IE, dan Matriks QSPM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.