PENGARUH FREE CASH FLOW TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN AGENCY COST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Imam Basuki

Abstract


     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh free cash flow terhadap nilai perusahaan, mengetahui pengaruh free cash flow terhadap agency cost, mengetahui pengaruh agency cost terhadap nilai perusahaan, dan mengetahui pengaruh free cash flow terhadap nilai perusahaan  melalui  agency  cost.  Populasi  pada  penelitian  ini  adalah  perusahaan  sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indoneisa dengan periode pengamatan tahun 2012 – 2014. Berdasarkan kriteria populasi yang telah ditetapkan, diperoleh jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria sebanyak 15 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang  digunakan  adalah  mengunakaan  seluruh  jumlah  populasi  (sampel  jenuh).  Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil peneilitian menemukan bahwa free cash flow berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan, free cash flow berpengaruh signifikan dan negatif terhadap agency cost yang diproksikan dengan asset turnover, agency cost yang diproksikan dengan asset turnover berpengaruh signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan, dan free cash flow berpengaruh signfikan dan positif terhadap nilai perusahaan melalui agency cost.

 

Kata Kunci : Free Cash Flow, Agency Cost, Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.