PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION, PERCEIVED QUALITY, DAN BRAND LOYALTY TERHADAP REVISIT INTENTION PENGUNJUNG TAMAN REKREASI SELECTA, BATU

Ilham Alfadi

Abstract


Turunnya ekspor Indonesia akibat lesunya perdagangan dunia, membuat sektor pariwisata berpeluang untuk menjadi andalan Indonesia dalam mengumpulkan devisa negara. Perusahaan wisata perlu mengetahui bagaimana agar konsumen memiliki niat untuk berkunjung kembali. Penting bagi perusahaan wisata untuk membangun merek mereka, karena merek dapat memudahkan pengunjung untuk melakukan kunjungan kembali. Merek akan memberi nilai tambah bagi produk yang disebut ekuitas merek. Ekuitas merek terdiri dari brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty. Penelitian dilakukan di salah satu tempat rekreasi di Kota Batu, yaitu Taman Rekreasi Selecta.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty terhadap revisit intention pengunjung Taman Rekreasi Selecta, Batu.

 Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui uji hipotesis yang ada.  Populasi penelitian adalah seluruh orang yang pernah mengunjungi Taman Rekreasi Selecta, Batu. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 pengunjung. Untuk mengetahui pengaruh brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty terhadap revisit intention digunakan analisis regresi berganda.  

Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa variabel brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty mempuinyai model yang sesuai untuk mengukur revisit intention. Namun secara parsial, variabel brand association tidak berpengaruh signifikan, sedangkan brand awareness, perceived quality, dan brand loyalty berpengaruh signifikan terhadap revisit intention. Hasil tersebut menunjukkan bahwa revisit intention pengunjung Taman Rekreasi Selecta, Batu meningkat apabila variabel brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty ditingkatkan. Namun brand association tidak berpengaruh signifikan terhadap revisit intention pengunjung Taman Rekreasi Selecta, Batu. Dari keempat variabel tersebut yang berpengaruh dominan adalah variabel brand loyalty.

Kata Kunci: Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty, Revisit Intention

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.