ANALISIS PENGARUH KEUNGGULAN BERSAING DAN KAPABILITAS ORGANISASI TERHADAP KINERJA PENJUALAN PUPUK NPK KEBOMAS (STUDI PADA PT. PETROKIMIA GRESIK)

Enock Narulita Poetri

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dan  menganalisis  bagaimana  pengaruh

keunggulan bersaing dan kapabilitas organisasi terhadap kinerja penjualan pupuk NPK Kebomas milik PT. Petrokimia Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Petrokimia Gresik yang berada di departemen penjualan pupuk korporasi dan departemen lainnya yang terkait seperti departemen RisCanSar (Riset dan Perencanaan Pemasaran) dan departemen CanMinSar (Perencanaan dan Administrasi Pemasaran). Sampel yang terkumpul sejumlah 72 responden dari 80 kuesioner yang tersebar. Kemudian metode analisis datanya adalah dengan metode analisis regresi berganda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel independen yang meliputi keunggulan bersaing (X1) dan kapabilitas organisasi (X2) berpengaruh signifikan positif terhadap variabel kinerja penjualan (Y). Kemudian dari hasil uji dominan dapat diketahui bahwa variabel kapabilitas organisasi (X2) yang terdiri dari aset sumber daya manusia, kapabilitas bersaing, aliansi dan kerja sama memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap variabel kinerja penjualan (Y).

Kata Kunci : Keunggulan Bersaing, Kapabilitas Organisasi, Kinerja Penjualan, Analisis Regresi Linear Berganda, PT. Petrokimia Gresik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.