Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce
Abstract
Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor- faktor yang mempengaruhi minat individu untuk melakukan transaksi dengan menggunakan e-commerce. Responden dari penelitian ini berjumlah 155 orang yang pernah melakukan transaksi dengan menggunakan sistem e-commerce sebelumnya, melalui survei yang disebarkan via google form. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk mengolah dan menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, kegunaan, pengaruh sosial, dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan e-commerce. Sedangkan persepsi nilai dan risiko tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan e-commerce. Implikasi dari penelitian ini bagi pihak manajemen perusahaan, penyedia layanan, dan pengembang sistem e-commerce adalah agar dapat memperhatikan faktor kemudahan, kegunaan, pengaruh sosial, dan kepercayaan dalam menerapkan dan mengembangkan sistem transaksi berbasis online.
Kata Kunci: Persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, persepsi nilai, pengaruh sosial, persepsi risiko, kepercayaan, minat menggunakan e-commerce.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.