Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce

Onny Herlambang Putra Wardhana

Abstract


Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor- faktor yang mempengaruhi minat individu untuk melakukan transaksi dengan menggunakan e-commerce. Responden dari penelitian ini berjumlah 155 orang yang pernah melakukan transaksi dengan menggunakan sistem e-commerce sebelumnya, melalui survei yang disebarkan via google form. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk mengolah dan menguji data penelitian.   Hasil  analisis   untuk   model   ini   menunjukkan   bahwa   persepsi kemudahan,  kegunaan,  pengaruh sosial,  dan    kepercayaan berpengaruh  positif terhadap minat menggunakan e-commerce. Sedangkan persepsi nilai dan risiko tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan e-commerce. Implikasi dari penelitian ini bagi pihak manajemen perusahaan, penyedia layanan, dan pengembang sistem e-commerce adalah agar dapat memperhatikan faktor kemudahan, kegunaan, pengaruh sosial, dan  kepercayaan dalam menerapkan dan mengembangkan sistem transaksi berbasis online.

Kata Kunci: Persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, persepsi nilai, pengaruh sosial, persepsi risiko, kepercayaan, minat menggunakan e-commerce.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.