ANALISIS EFISIENSI BANK DOMESTIK DAN BANK ASING : STUDI KASUS DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS

Dwi Puspitarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi serta variabel-variabel apa saya yang mempengaruhi efisiensi efisiensi bank domestik dan bank asing di Indonesia selama periode 2010-2015. Penelitian ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis dengan model VRS berorientasi output untuk mengetahui skor efisiensi dan potential improvement pada masing-masing bank. Variabel input yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simpanan konsumen dan pinjaman komersil, beban karyawan, beban non karyawan, dan total provisi. Sedangkan variabel output yang digunakan yaitu total kredit, aset produktif lainnya, dan pendapatan operasional selain bunga.

                Hasil dari penelitian ini adalah bank asing memiliki efisiensi relatif lebih tinggi daripada bank domestik. Hal ini terjadi karena banyaknya kantor cabang yang dimiliki oleh bank domestik, serta keadaan perekonomian yang menurun. Sedangkan inefisiensi pada bank asing disebabkan oleh menurunnya pendapatan operasional karena menguatnya rupiah pada dolar pada periode penelitian. Variabel yang paling mempengaruhi inefisiensi yaitu beban karyawan dan non karyawan pada variabel input dan pendapatan operasional selain bunga pada variabel output.

Kata kunci:Efisiensi, DEA, Bank Domestik, Bank Asing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.