ANALISIS PENGARUH LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG INFLASI, BI RATE, DAN KURS TERHADAP NPL BANK UMUM DI INDONESIA TAHUN 2011-2015

Dara Ayu Lestari

Abstract


Hingga saat ini, bank di Indonesia dalam menjalankan fungsi penyaluran dana masih menjadikan kredit sebagai pemasukan utama. Semakin besar kredit yang diberikan, maka akan semakin tinggi risiko yang ditanggung oleh bank yang bersangkutan. Tingkat risiko kredit suatu bank dapat dilihat dari rasio Non Performing Loan (NPL). Penyebab kredit bermasalah sendiri dapat disebabkan dari sisi makroekonomi dan mikroekonomi. Dari sisi mikroekonomi salah satunya bisa dipengaruhi oleh DPK dan dari sisi makroekonomi bisa dipengaruhi oleh inflasi, BI rate dan kurs. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh langsung dan tidak langsung variabel makroekonomi yang berupa inflasi, BI rate, dan kurs terhadap NPL Bank Umum di Indonesia tahun 2011-2015 dengan variabel perantara yaitu Dana Pihak Ketiga.

Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi tidak berpengaruh secara langsung terhadap NPL, tetapi secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap NPL. BI rate juga tidak berpengaruh secara langsung terhadap NPL, tetapi secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap NPL. Kurs secara langsung berpengaruh positif terhadap NPL, dan secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap NPL. Dan DPK sebagai variabel perantara secara langsung berpengaruh negatif terhadap NPL.

Kata Kunci : NPL, inflasi, BI rate, kurs, DPK, Analisis Jalur.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.