Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Retention Orientation Pelanggan Wisatawan Mancanegara (Studi Kasus pada CV. Mitra Sejati Printing di Kuta Bali)

Monang Jalaraja Nadeak

Abstract


Perkembangan pasar bisnis dan ekonomi pada umumnya telah mengalami perkembangan yang sangat dinamis. Seorang pelaku bisnis harus mengetahui siapa yang menjadi target pasar yang dituju dan merancang strategi yang tepat untuk menghadapi persaingan bisnis. Salah satu strategi agar mampu memenangkan persaingan bisnis adalah menciptakan usaha relatioship marketing yang dapat menciptakan persepi baik bagi pelanggan sehingga customer retention orientation tetap terjaga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh relationship marketing yang terdiri dari faktor belonging, communication, customization, differentiation, personalization, rewarding, dan security and convenience terhadap customer retention orientation pelanggan wisatawan mancanegara di CV. Mitra Sejati Kuta Bali. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal diantara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa yang telah dirumuskan. Sampel penelitian ini adalah 105 responden yang merupakan pelanggan wisatawan mancanegara CV. Mitra Sejati Kuta Bali dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuisioner, studi perpustakaan dan browsing.

Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji T. Untuk mendapatkan koefisien beta dan mengetahui pengaruh antar variabel, analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Pengujian hipotesis meyimpulkan bahwa hanya variabel belonging, customization, differentiation, personalization, dan security and convenience yang berpengaruh signifikan terhadap customer retention orientation pelanggan wisatawan mancanegara di CV. Mitra Sejati Kuta Bali. Sedangkan variabel communication dan rewarding tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer retention orientation.

Kata Kunci: relationship marketing, customer retention orientation.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.