AUDIT MANAJEMEN SEBAGAI DASAR UNTUK MENILAI EFEKTIVITAS FUNGSI PEMASARAN (STUDI KASUS PADA CV. CAHAYA HARAPAN MALANG)

Ony Finata, Komarudin Achmad

Abstract


Audit Manajemen merupakan suatu proses yang sistematis dari penilaian efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi operasi suatu organisasi yang ada di bawah pengendalian manajemen dan melaporkan kepada orang yang tepat hasil dari penilaian beserta rekomendasi untuk perbaikan. Penilaian kinerja didasarkan pada suatu kriteria yang ditetapkan kemudian dibandingkan dengan kriteria aktual yang ada dalam organisasi tersebut.

Audit manajemen yang dilakukan terhadap fungsi pemasaran CV Cahaya Harapan Malang ini bertujuan untuk menilai tingkat efektivitas kinerja pemasaran, untuk mengetahui penyebab terjadinya inefektivitas dalam kegiatan operasi perusahaan khususnya fungsi pemasaran, dan memeberikan rekomendasi terhadap setiap temuan audit agar dapat diambil tindakan perbaikan.

Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan kuisioner.Penilaian efektivitas kinerja pemasaran dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara criteria, causes, dan effect, serta pemberian rekomendasi.

Berdasarkan hasil audit manajemen yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan fungsi pemasaran secara umum belum seluruhnya berjalan dengan efektif. Untuk itu CV Cahaya Harapan harus terus berupaya memperbaiki kinerja fungsi pemasaran.

Kata kunci : audit manajemen, efektivitas, fungsi pemasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.