Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Jejaring Sosial Instagram (Studi Pada Pengguna Online Shop Jejaring Sosial Instagram di Kota Malang)

Andrissa Anugrah Prathamayoga

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern saat ini, ilmu
pengetahuan dan teknologi pun mengalami kemajuan yang begitu pesat.belanja online
mulai diminati karena belanja online memudahkan dan menghemat waktu
dibandingkan belanja secara offline/tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh faktor kepercayaan, kemanan, kualitas pelayanan dan persepsi
akan resiko terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja melalui jejaring sosial
Instagram (studi pada pengguna online shop jejaring sosial Instagram di Kota Malang).
Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal
antara variabel melalui pengujian hipotesis

Penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 orang responden yang di ambil
dari populasi masyarakat di Malang yang pernah menggunakan online shop Instagram.
Penelitian ini di lakukan pada tanggal 25 Mei 2016. Pengambilan sampel
menggunakan teknik simple random sampling (acak).Alat uji yang di gunakan untuk
menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi
klasik. Uji hipotesis di lakukan dengan uji F dan uji t. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa variabel keputusan
pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel kepercayaan (X1) sebesar 0.266, keamanan
(X2) sebesar 0.196,kualitas pelayanan (X3) sebesar 0.180, persepsi akan resiko (X4)
sebesar 0.260. Penelitian ini menunjukkan pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas
pelayanan, persepsi akan resiko sebesar 58,8% terhadap keputusan pembelian
pengguna online shop jejaring sosial Instagram. Berdasarkan uji F dapat diketahui
bahwa kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, persepsi akan resiko berpengaruh
simultan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji t dapat diketahui bahwa
kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, persepsi akan resiko ternyata berpengaruh
secara parsial terhadap keputusan pembelian, sedangkan kepercayaan berpengaruh
dominan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: Faktor Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Persepsi Akan
Resiko, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.