PENGARUH DIMENSI WORK ENGAGEMENT TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DILIHAT DARI PERSESPSI KARYAWAN (Studi Pada Karyawan Muda di Kota Malang)

Daisy Marthina Rosyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi work engagement yang terbagi menjadi tiga dimensi yaitu vigor (X1), dedication (X2) dan absorption (X3) terhadap customer satisfaction dilihat dari persepsi karyawan muda yang bekerja di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan muda yang bekerja di Kota Malang dengan rentang usia 20 sampai 29 tahun dengan sampel penelitian sebanyak 107 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu judgement sampling, yang merupakan bagian dari purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kusioner, studi pustaka dan observasi. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk setiap item variabel penelitian Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen yaitu semangat, dedikasi dan penyerapan berpengaruh signifikan dan positif secara simultan dan parsial terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan dilihat dari persepsi karyawan muda di Kota Malang. Sedangkan variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan pelanggan adalah dedikasi.

Kata Kunci: Work engagement, Semangat, Dedikasi, Penyerapan dan Kepuasan Pelanggan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.